AUTISME

Sejarah Autisma
Autisma berasal dari kata “auto” yang berarti sendiri. Kelainan ini dikenali dan diperkenalkan Tahun 1943 oleh seorang psikolog anak di Amerika Serikat bernama Leo Kanner (1896 – 1981), sekalipun sebenarnya kelainan ini sudah ada sejak beratus-ratus tahun sebelumnya. Kelainan ini dideteksi terjadi pada anak-anak pada awal usia 1 sampai 3 tahun dan berdampak sepanjang hidup penyandangnya.

Kira-kira setahun kemudian Hans Asperger (1906 – 1980) menemukan gambaran yang hampir mirip dengan autisma pada remaja dan akhirnya disebut sebagai sindroma Asperger. Beberapa literatur memasukkan sindroma ini kedalam subkategori autisma, namun masih merupakan perdebatan apakah sindorma ini dapat dimasukkan kedalam salah satu jenis autisma ataukah merupakan jenis yang berdiri sendiri (Firth, 1994).

Apa itu Autisma ?
Autisma adalah suatu sindroma neurologik yang menyebabkan keterlambatan perkembangan sosial, kurangnya kemampuan komunikasi, dan terjadinya defek sensori motor (Prater, 2002). Kelainan ini kemudian disebut sebagai Autism Spektrum Disorders (ASDs). Penyandang ASDs menunjukkan kelakuan dan kemampuan yang berbeda-beda. Tidak ada dua penyandang ASDs yang punya gejala yang sama. Perlu diingat bahwa beberapa anak tanpa ASDs dapat mempunyai beberapa gejala yang mirip, namun bagi penyandang ASDs gejala-gejala tersebut lebih parah.

Insiden ASDs ditemukan pada tujuh dari 10.000 kelahiran dengan ratio laki-laki banding wanita 4 : 1 (Prater, 2002). Ratio semakin meningkat hingga 16 : 1 pada sindroma Asperger (tvcc, 2006). Hal ini menyebabkan sulitnya diagnosa sindroma ini pada wanita ketimbang laki-laki. Menurut penelitian di Pensylvania, Amerika Serikat, jumlah ASDs meningkat sekitar 40 dari 10.000 kelahiran dalam kurun waktu lima tahun belakangan (Handojo, 2003).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: