Mata Bisa Kering ?

Ternyata tidak hanya kulit kita yang bisa kering, matapun bisa terancam kering. Secara ilmiah, mata terdiri atas tiga lapisan, yaitu : lapisan mukus, akuos dan lemak. Dalam kasus ini, penyebab mata menjadi kering adalah kekurangan cairan, yaitu air mata.

Gejala mata kering yang patut diwaspadai antara lain, mata sering gatal dan terasa seakan-akan terbakar, panas dan pedih. Pandangan terasa kabur namun seringkali membaik bila dibantu dengan frekuensi kedipan kelopak mata dll. Disamping itu juga muncul rasa tidak nyaman setelah membaca, menghadap layar komputer, maupun ketika sedang menonton televisi.

Perlu diketajui bahwa lapisan akuos berfungsi untuk menyuplai oksigen dan zat-zat penting lain untuk nutrisi kornea, sekaligus juga melembabkan mata karena 98 % komposisinya terdiri dari air. Sedangkan mukus merupakan pelapis langsung kornea sekaligus membentuk pondasi agar lapisan mata melekat pada mata. Sedangkan lemak sebagai lapisan terakhir bertugas mencegah penguapan.

Nah, sindrom mata kering ini terjadi karena lapisan lemak berkurang sehingga membuat air mata menguap lebih cepat.

Faktor-faktor penyebab berkurangnya lemak, antara lain : terlalu lama di ruangan ber-AC, asap rokok maupun iklim yang kurang bersahabat. Lensa kontak bisa juga punya andil menyerap lapisan air mata. Kemudian pengguna kronis obat-obatan seperti tiroid, obat alergi dan kekurangan vitamin A juga bisa menjadi penyebabnya. Disamping itu bertambahnya usia juga mempengaruhi berkurangnya lemak tersebut.

Untuk mengatasi gejala tersebut salah satunya adalah dengan bantuan tetes air mata buatan (artificial tears). OK. Demikian sekilas info mudah-mudahan bermanfaat….Thx

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: