MANFAATKAN INTERNET !

MEMBERDAYAKAN PENCARIAN DI INTERNET

Salah satu manfaat yang dapat kita peroleh dari internet adalah jika kita membutuhkan data/informasi yang mungkin tidak dapat kita peroleh dalam keadaan tertentu. Misalnya : Jika kita ingin mengetahui siapa yang menemukan lampu pijar maka cara termudah saat ini adalah dengan memanfaatkan internet untuk mendapatkannya. Melalui mesin pencari (Search Engine) masukkan saja kata kunci sederhana, misalnya “lampu pijar ditemukan oleh” (cat.: tanpa tanda kutip) maka secara cepat akan mendapatkan jawabannya.

Masukkan informasi sebanyak mungkin dalam pencarian melalui mesin pencari. Disamping itu, mesin pencari juga punya kemampuan untuk mencari gambar bahkan audio visual. Untuk itu silahkan klik pencarian khusus “images” dan video. Baik Google maupun Yahoo, tersedia.
Adakalanya pencarian dalam mesin pencari sering lama dan membuang waktu karena kata kunci yang diberikan terlalu sedikit, misalnya : “bunga citra lestari”. Padahal yang diinginkan adalah men-download lagi MP3 dari Bunga Citra Lestari.
Makin banyak kata yang dimasukkan, seperti : “bunga citra lestari download mp3” (cat.: tanpa tanda petik) barulah lagu yang diinginkan akan bermunculan. Semakin banyak dan spesifik informasi yang dimasukkan, maka justru semakin cepat menemukan yang dicari.
Secara spesifik Google mampu menginterpretasikan parameter yang diberikan untuk mempercepat pencarian. Tanda “+” dan tanda kutip (“ “) untuk pencarian frase seperti : lampu+pijar atau “lampu pijar”. Bahkan pencarian pun bisamemasukkan file spesifik, misalnya file pdf. Contoh : jika ingin mencari dokumen Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 59 Tahun 2007, kita bisa memasukkan “Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 59 Tahun 2007 filetype:pdf”. Jika kita menginginkan file yang dicari dalam Microsoft Word, tinggal mengetik filetype:doc.
Kelebihan lain yang dimiliki Google adalah tersedianya fasilitas kamus penerjemah. Klik Language Tools dibagian bawah untuk menerjemahkan bahasa tertentu ke dalam bahasa yang dipahami. Namun biasanya hanya bahasa-bahasa besar/umum dunia yang tersedia. Jika membutuhkan secara spesifik bahasa indonesia-bahasa inggris atau sebaliknya. Gunakan http://www.kamus.net.
Demikian juga Google memiliki kemampuan untuk menghitung sebagaimana kalkulator. Coba ketikkan saja 123*456+789-321, hasilnya akan langsung terlihat. Google juga memiliki kemampuan untuk mengkonversi mata uang asing. Misal jika kita ingin tahu berapa nilai 100 dollar Amerika dalam rupiah, kita tinggal mengetik “100 USD in IDR” (cat. : tanpa tanda kutip). USD (United State Dollar) adalah merupakan kode bagi Dollar Amerika. Sedangkan IDR (Indonesian Rupiahs) merupakan kode bagi Rupiah Indonesia. Masih ada kemampuan lainnya yang dimiliki Google, yaitu mengkonversi satuan yang berbeda. Misalnya jika kita ingin mengetahui 1000 pounds itu berapa kg, kita bisa mengetikkan “1000 pounds in kg”. Begitu banyak fitur yang dimiliki oleh Google seperti : google map yang menyediakan layanan peta global, google images untuk mencari foto/video, books.google yang menyediakan berbagai ragam buku dan lain sebagainya.
Untuk memperdalam informasi, internet juga menyediakan ensiklopedia terbuka melalui situs Wikipedia. Untuk Wikipedia Bahasa Inggris, alamatnya (URL) http://en.wikipedia.org. sedangkan untuk bahasa indonesia silahkan ketik http://id.wikipedia.org.
Demikian sedikit dari berbagai ragam keunggulan yang dimiliki internet dan amat disayangkan apabila kita tidak dapat memanfaatkannya dengan semaksimal mungkin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: