Tips membangun komunikasi efektif dengan pasangan

KOMUNIKASI ITU PENTING

  1. Tenangkan hati. Jangan pernah mencoba mengajak berbicara jika hati kita sedang emosional baik marah, jengkel, maupun kesal. Demikian juga sebaliknya, jika kita melihat pasangan kita sedang dalam suasana bad mood lebih baik tunda saja dulu niat untuk mengajaknya bicara. Jika tetap dipaksakan , pasti komunikasi tidak akan dapat berjalan dengan semestinya.
  2. Ciptakan, jangan tunggu. Pastikan bahwa komunikasi butuh inisiatif, terkadang kita terlalu egois untuk memulai pembicaraan. Terkadang kesibukan dan rutinitas menjadi batu sandungan untuk meluangkan waktu dalam menjalin komunikasi.
  3. Bangun Suasana. Memang tidak ada aturan baku yang menyebutkan kapan kita bisa memulai komunikasi. Tetapi komunikasi bisa berjalan dengan baik jika suasana yang terbangun juga akrab dan hangat. Pecahkan belenggu kekakuan yang ada. Ada banyak cara untuk mendapatkannya : saat senggang sambil minum teh, makan bersama dll bisa menjadi cara untuk mencoba mencairkan suasana.
  4. Jangan terlalu bernafsu ! terkadang kita tidak bisa berbicara langsung pada pokok permasalahan. Perlu ada pengantar/intro yang menjadi pembuka jalan pembicaraan. Basa basi sedikit terkadang juga diperlukan, dan setelah dipandang cukup waktu dan suasana hatinya maka pembicaraan bisa disinggungkan pelan-pelan sambil melihat/mengukur respon yang ada atau bila kita nilai keadaannya sudah memungkinkan kita bisa tembak langsung.

Semoga bermanfaat …….:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: