KECERDASAN EMOSI DAN SUKSES DITEMPAT KERJA (Bagian 2)

  • Banyak cara untuk meraih kesuksesan dan kebahagiaan, diantaranya adalah dengan mengoptimalkan potensi diri yang kita miliki. Potensi diri manusia sangat diwarnai oleh beberapa bentuk kecerdasan manusia itu sendiri, antara lain : IQ (INTELEGENCE QUOTIENT), EQ (EMOTIONAL QUOTIENT), AQ (ADVERSITY QUOTIENT) dan SQ (SPIRITUAL QUOTIENT).
  • IQ (INTELEGENCE QUOTIENT) adalah Kemampuan menangkap dan memecahkan masalah-masalah yang bersifat materi/duniawi; EQ (EMOTIONAL QUOTIENT) adalah Kemampuan mengenali perasaan kita dan perasaan orang lain serta menggunakan perasaan itu untuk memandu pikiran dan tindakan; AQ (ADVERSITY QUOTIENT) adalah Kemampuan bertahan dalam menghadapi tantangan dan mengatasi kesulitan; SQ (SPIRITUAL QUOTIENT) adalah hubungan transcendental (TUHAN) sehingga membuat hidup secara utuh menjadi lebih bermakna (tidak sekedar kehidupan duniawi). SQ mengintegrasikan semua kecerdasan manusia secara utuh.
  • Setiap manusia memiliki karakteristik unik dan khas yang membentuk sebagai sosok pribadi yang otonom, yang terkadang tidak akan dapat disamakan satu dengan yang lain. Karakter tersebut terbentuk lewat bagaimana kita me-manage IQ, EQ, AQ dan SQ tersebut yang kemudian bermuara sebagai Emosi.
  • Emosi berasal dari bahasa latin EMOVERE yang berarti : tergerak, terangsang, perasaan gelisah, gundah, gemuruh, tidak tenang. Dari sini dapat disimpulkan bahwa emosi adalah suatu keadaan gairah/kegelisahaan yang diikuti perasaan yang kuat, biasanya mengandung kecenderungan ke arah suatu perilaku tertentu.

Bentuk-bentuk emosi, meliputi :
1. Cemas, takut;
2. Kecewa (frustasi);
3. Marah dan agresi;
4. Senyum, tawa, humor;
5. Bahagia, afeksi (cinta, kasih sayang);
6. Sedih, duka;
7. Iri hati, dendam;
8. Emphaty, simpati ……….(BERSAMBUNG……)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: