DEHIDRASI PERLU DIWASPADAI

60 persen dari tubuh manusia adalah cairan. Karena itu perlu sekali diperhatikan asupan cairan dalam tubuh kita dengan menjaga keseimbangan baik di dalam maupun di luar sel. Usaha untuk menjaga keseimbangan komposisi dan jumlah cairan itu disebut homeostasis. Jika homeostasis terganggu, hal ini akan menimbulkan gangguan bagi tubuh. “Jadi, saat haus, harus waspada. Makin parah, tubuh akan mengalami kelelahan,” tambahnya. Proses penguapan terjadi pada manusia, seperti mengalami dehidrasi yang efeknya dirasakan oleh tubuh adalah rasa haus, kehilangan nafsu makan, sakit kepala, kehilangan keseimbangan, sulit menelan makanan hingga ketulian.

Hal itu dijelaskan dr Zaenal M Sofro AIFM dari Bagian Ilmu Faal, Fakultas Kedokteran UGM Jogjakarta dalam seminar kesehatan yang diselenggarakan oleh PT Amerta Indah Otsuka di Hotel Santika, Sabtu (9/8).

Jika masalah itu tidak mendapat perhatian, maka bisa diikuti dengan penurunan kemampuan berpikir. Tingkat paling parah adalah penderita mengalami heat stroke karena penderita bisa koma dan berujung pada kematian.

Menurutnya, jika tidur posisi mulut terbuka (ngowoh, bahasa Jawa, Red), juga bisa kekurangan cairan. “Jadi, kalau bapak-bapaknya tidur ngowoh, diingatkan. Begitu juga pada bayi,” tuturnya.
Zaenal menyayangkan, masyarakat yang suka makan, namun kurang memperhatikan minumnya. Apalagi, setiap harinya, cairan tubuh kehilangan sebanyak 2.500 ml akibat penguapan lewat kulit dan buang air besar. Untuk menjaga keseimbangan itu, sebagai gantinya tubuh harus mendapatkan sebanyak angka tersebut.

Karena dehidrasi sangat berbahaya pada anak-anak dan manula. Cara gampang untuk melihat apakah kita dehidrasi atau tidak, dengan melihat warna urine kita. Jika kuning pekat, berarti kita terkena dehidrasi dan perlu asupan cairan.

2 Tanggapan to “DEHIDRASI PERLU DIWASPADAI”

  1. yup!! U r rite! selain itu…bisa bikin kulit kusam bin kering lho…
    n bisa juga ampe meninggal dunia seprti kasus2 di tahun2 terakhir di Pakistan dan juga di India terlbih lagi pas summer…..

    anyway jaga kesehatan!!🙂

  2. Iya…. setuju juga.
    Banyak akubat bila qta dehidrasi. Soalnya sebagian besar tubuh qta terdiri dari air kan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: